Senin, September 27, 2010

Endah dan Laras

Pada tanggal 25 September 2010 beberapa hari lalu, setelah mengikuti seminar yang berlangsung seharian, saya bergabung bersama kawan-kawan komunitas KAJI yang sedang melakukan kegiatan sosial dengan mengajak anak-anak dari SDN Suka Mekar 2 untuk meyaksikan film anak-anak Doraemon di Megaplex Grand Indonesia atas dukungan dari kedutaan besar Jepang dan sejenak bermain-main di monas.
Berhubung kendaraan bis yang disediakan tidak bisa mengangkut peserta yang melebihi kuota maka saya berkesempatan pulang bersama 2 orang relawan dan 2 orang anak peserta. Kedua anak itu adalah Endah Suci Kurniasih dan Larastika, kelas 4 dan 6 SDN Suka Mekar 2 Bekasi.
Sepanjang perjalanan itu kami mengobrol banyak hal, dan tidak lupa pula terkait mimpi-mimpi mereka di masa depan.

Endah, apa cita-cita Endah kalau sudah besar nanti?
Jadi penyanyi.
Mengapa mau jadi penyanyi?
Karena menyanyi itu enak.
Kalau begitu suka latihan menyanyi?
Iya, suka sekali.
Latihannya dimana?
Kadang di sekolah, kadang di rumah.
Lagu apa yang paling Endah suka?
Lagu yang paling aku suka, lagunya Afgan “Bukan Cinta Biasa”. (Wah, lagu yang bagaimana nih, saya belum tahu. Maklum jarang dengar lagu populer…)
Kalau penyanyi, ingin menjadi seperti siapa?
Seperti Gita Gutawa..
Setelah lulus SD nanti ingin sekolah di SMP mana?
Tidak tahu sih, sebab sekolah seperti itu pengennya dipilihin sama orang tua.
Pelajaran yang paling Endah sukai?
Aku suka bahasa Indonesia.
Berarti Endah suka mengarang?
Iya…
Pernah menulis cerita?
Sering sih..
Selain penyanyi, Endah ingin jadi apa?
Pramugari atau dancer.
Mengapa pekerjaan itu Endah?
Kalau pramugari kayaknya pekerjaannya enak, tapi susaaah kayaknya. Ciri-cirinya harus tinggi, pinter bahasa Inggrisnya. Jadi kayaknya harus banyak belajar yang giat banget, gitu.


Nah kalau berikutnya Laras. Cita-cita Laras apa?
Ingin menjadi penyanyi terkenal di Indonesia.
Wah, penyanyi juga? Mengapa?
Karena dari kecil memang suka menyanyi.
Kalau penyanyi, ingin seperti siapa?
Seperti Rossa, Melly Guslaw gitu…
Selain penyanyi, ingin menjadi apa?
Pengen jadi penulis…
Kenapa penulis?
Karena saya suka menulis dan suka mengarang.
Menulis apa? Cerita, novel..atau?
Puisi..
Pelajaran yang paling Laras sukai itu apa?
IPS..
Kenapa?
Karena saya suka menghafal..


Demikian sekilas perbincangan pendek saya dengan 2 orang anak SDN Suka Mekar. Bahkan sangat pendek dengan jawaban mereka yang hanya sepotong-sepotong, khas anak-anak. Tidak banyak yang bisa saya tanyakan karena harus konsentrasi mengemudi, namun kita bisa perhatikan bahwa di luar dugaan anak-anak yang tinggal cukup jauh dari pusat kota Bekasi, dan dengan segala kebersahajaannya mereka – ternyata mempunyai mimpi tidak berbeda dengan anak-anak yang tinggal di Jakarta. Sangat dimungkinkan hal ini bisa terjadi karena arus informasi baik radio (jarang ya mungkin anak-anak sekarang mendengarkan radio..), televisi, majalah, internet dan lainnya yang saat ini bisa dengan mudahnya diakses serta diperoleh di seluruh bagian negeri ini. Teknologi telah memudahkan itu semua (yang mungkin hanya dengan sedikit filter) terjadi.
Saya memahami mengapa Endah dan Laras ingin menjadi seorang penyanyi, karena memang suara mereka berdua sangat merdu dan enak didengar. Beberapa bulan lalu saya mendapatkan CD yang dibuat sekelompok relawan pendidikan yang selama ini telah berbaur dengan mereka untuk meningkatkan minat dan bakat anak-anak di desa itu. Serta memotivasi anak-anak agar berani membangun mimpi-mimpi mereka. Dan di dalam CD ini pula Endah dan Laras bernyanyi, menyanyikan lagu-lagu keindahan negeri.
Saya tidak tahu, apakah teman-teman Endah dan Laras juga mempunyai mimpi seperti mereka. Ingin menjadi penyanyi, atau mungkin pemain film, bintang sinetron, atau bahkan juga dancer. Profesi yang terkait dengan dunia entertainment. Ataukah masih tetap banyak yang ingin menjadi dokter, polisi, tentara, guru atau bahkan petani. Semoga masih banyak pula yang meminati profesi ini, karena saya pikir hanya dengan keseimbangan tatanan profesilah negeri ini bisa mencapai kejayaannya.
Endah dan Laras sudah mempunyai mimpi tentang apa yang ingin mereka capai di masa dewasa mereka, tapi masih banyak di negeri ini anak-anak yang tidak mempunyai mimpi. Belum terpikirkan untuk mempunyai mimpi. Dan itu tugas kita semua untuk memulai satu persatu mengajak pada anak-anak negeri membangun mimpi. Lalu kita tuntun mereka untuk menggapainya. Itu bukan tugas orang lain, itu tugas kita sebagai kakak-kakak mereka….!
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Ada mimpi siapa lagi? http://www.orenoyume.com/p/mimpi-mereka.html.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

great,,,

Korean-Japanese Story mengatakan...

halo, kamu suka nulis? share karya2 emas mu di sini ya :)
http://korjapstory.blogspot.com

Endah suci mengatakan...

halo pak sigit, aku Endah. senangnya bisa baca ini. Salam sehat selalu untuk bapak ya🙏🏼

Posting Komentar