Sabtu, Mei 16, 2009

[5] Bahasa Jepang hari ini....

Nah, trus gimana kalau kita mau nanya? Itu mah gampaaang……
Kalau kita nanya gimana?
Siapa-kah? Apa-kah? Bagaimana-kah? Titik-titik….kah?
Mereka juga begitu! Tambahin saja dibelakangnya dengan : …..KA?
Cuman gitu? Lha iya….

Anata wa Yamada desu. (Anda (adalah) Yamada).
Anata wa Yamada desu ka? (APAKAH anda (adalah) Yamada?).
Kore wa mikan desu. (Ini (adalah) jeruk).
Kore wa mikan desu ka? (Apakah ini (adalah) jeruk?).

Cuman gitu..?? I..YA!
Makanya kenapa orang Jepang belajar bahasa Indonesia paling cepat kalau sudah kalimat tanya. Anda Sigit kah? Murah kah? Jelek kah?Pokoknya gitu-gitu deh….., mereka dah biasa pakai ka, ka, gitu!
Dan seperti kita semua sudah pahami, bahwa dalam belajar bahasa asing kita harus mempelajari pula bahasa ‘cadangan’. Jadi ketika kondisi mendesak kita gunakan bahasa tersebut. Saya rekomendasikan gunakan bahasa…. tarzan!

5 komentar:

Q-Tsune mengatakan...

"Anata wa Yamada desu."
Menurut Agro sensei, "anata" sangat kasar. Untuk lebih jelsnya klik disiniTap guru 日本語 juga pake anata untuk memanggil ku.

Jadi mana yang benar??

orenoyume14 mengatakan...

Saya setuju dengan yang dijelaskan di Yumeko.
Luar biasa ulasannya!
Memang kalau saya perhatikan ada kecenderungan 'menghindar' dari menggunakan kata anata. Namun dalam keadaan 'dibutuhkan', apa boleh buat itu tetap digunakan, dan saya pikir nuansa kasar tersebut tergantung intonasi kalimat pengucapannya. Memang, biasanya digunakan untuk orang yang sejajar atau kedudukannya tidak lebih tinggi.
Tentang pelajaran di blog ini saya yakin masih jauh dari cukup, apalagi saya menulisnya tanpa menggunakan referensi (kalau tdk mau dibilang seingatnya). Dan ini saya copy dari facebook saya (sekarang sdh sampai 17). Tapi sy akan tetap berusaha menyempurnakannya, mari belajar sama2...., salam

Q-Tsune mengatakan...

Saya baca orenoyume14 san sudah pergi ke Jepang ya?? Hebat!!! Saya yang kepingin kesana baru bisa merasakan bahsanya lewat buku pegangan sama internet. belum bisa ngomong dengan NihonJin langsung.

Kanashi
Tameikina

Q-Tsune mengatakan...

Nitip link di blog ini ya.
Biar mudah untuk belajar bersama.

orenoyume14 mengatakan...

Slmt malam Q-Tsune, jika anda suka dengan Jepang entah itu bahasanya ataupun yg lain tetap tekunilah, dan yakinlah bahwa suatu saat anda akan bisa kesana! Tidak usah dipikir bagaimana itu akan terjadi, untuk itulah kita perlu YUME! Buatlah mimpi anda, dan semoga anda sukses dengan harapan anda...

Posting Komentar